Total Tayangan Halaman

Rabu, 05 Januari 2011

PELUANG BISNIS AIR MINUM ISI ULANG


Tidak dapat disangkal bahwa komposisi tubuh manusia dewasa sekitar 60-70 % terdiri dari air, sementara pada bayi hampir 80 % tubuhnya terdiri dari air, dan pada janin bahkan lebih dari 90 % tubuhnya terdiri dari air. Air dibutuhkan oleh semua bagian tubuh manusia untuk dapat melakukan aktivitasnya. Guna air bagi tubuh antara lain sebagai : bahan pembentukan sel, bahan pembawa, pengatur suhu, pelarut, pereaksi, pelumas & sebagai bantalan/adsorber.

Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, suhu & kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas tubuh, jenis kelamin, serta usia & kondisi tubuh. Kira-kira tubuh memerlukan sekitar 2 - 2,5 liter air perhari, jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan dari air minum & makanan.
Katakanlah rata-rata kita membutuhkan 1 liter air minum setiap hari maka jika penduduk suatu kawasan, kecamatan misalnya dengan penduduk 20.000 maka air minum yang dibutuhkan setiap haru adalah 20.000 liter atau 1111 galon perharinya. Jika sepertiga dari kebutuhan tersebut dari masyarakat yang tidak mau repot memasak (instant) maka kebutuhan minum yang harus disupply oleh depot air minum adalah 370 galon perhari.
Kebutuhan ini merupakan peluang bisnis air minum isi ulang yang dapat kita manfaatkan dengan membuka depot air minum isi ulang (DAMIU). Menjalankan usaha ini bisa meraup keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa depot pengisian air isi ulang tersebut.
Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan survey lokasi dengan mempertimbangkan kepadatan penduduk, tingkat ekonomi. Lakukan survey pasar kecil-kecilan dengan bertanya pada beberapa sampel penduduk. Kemudian Anda harus mencari agen penyulingan dan juga perakitan alat pengisian ulang air mineral.
Tantangan dalam menjalankan usaha ini adalah kepercayaan masyarakat, dimana masyarakat sangat peka dengan kualitas air anda jual. Sedikit saja perubahan rasa akan mempengaruhi pelanggan anda. Tetapi jika ada tetap mempertahankan kualitas air, maka pelanggan akan fanatic pada air produk anda dan tidak mudah berpindah. Hal-hal yang penting anda perhatikan adalah :
1.Kualitas air : warna, rasa, bau, pemeriksaan bakteriologis dan kimia
2.Harga per galon yang Anda tetapkan, biasanya Rp. 3000 pergalon sudah bisa memenuhi BEP satu tahun asalkan penjualan bisa diatas 30 gallon perhari
3.Layanan yang baik dan ramah dan hygienis
4.Serta yang terpenting lokasi strategis depot isi ulang Anda, lokasi yang sebaiknya Anda pilih antara lain perkantoran, serta kampus, kawasan padat penghuni.
5.Bicarakan dengan pesaing lain untuk mengatur lokasi agar tidak saling berdekatan
Jika sudah memutuskan untuk membuka usaha maka segera hubungi supplier yang bisa memasangkan depot anda. Anda bisa memilih paket yang ditawarkan. Untuk konsultasi kualtas alat dan air dapat menghubungi Dinas Kesehatan Bone Bolango, atau telp. 085256843180.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar